YURISTGAMEINIGAMEID101

Cara Mudah Menambahkan Library di Arduino Dengan Cepat


Sebuah alat pengendali mikro siingle-board yang dikembangkan oleh Massimo Branzi dan kawan-kawan pada 2005 yang memiliki tujuan awal untuk membuat perangkat mudah dan murah, dari perangkat yang ada pada saat itu. Dan perangkat tersebut ditujukan untuk para siswa yang akan membuat perangkat desain dan interaksi.

Sesuai dengan tujuan awal tersebutlah, Arduino bersifat open source baik secara hardware maupun software. Karna sifat inilah yang membuat banyak Library- library untuk arduino bermunculan sehingga membuat proses pemrograman dalam arduino menjadi lebih mudah dan simple tentunya.
Tapi bagaimana cara untuk memasang library arduino yang telah kita download dari internet pada program yang akan kita buat nantinya ? Simak penjelasannya dibawah ini

1. Download Library Arduino
Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya, mengunduh libraries arduino sesuai kebutuhan Anda, sebagai contoh disini saya telah mendownload Library FastLED yang nantinya saya butuhkan untuk project Music Reactive saya.


Biasanya library arduino terunduh dalam bentuk file berformat .zip seperti terlihat diatas


2. Extract
Karna file dalam bentuk .zip maka Anda harus meng extractnya dengan cara membukanya via software Winrar dan lakukan peng extract an ke tempat yang mudah ditemukan, saya menyarankan tempatkan hasil ekstrakan Anda ke Desktop.



3. Pindahkan ke Folder Libraries Arduino
Setelah proses peng ektrakan berjalan lancar, langkah selanjutnya adalah memindahkan hasilny ke folder libraries arduino yang biasanya berada di C:\Program Files (x86)\Arduino . Atau Anda juga bisa membukanya dengan klik kanan shortcut Arduino pada Desktop > ‘Open File Location’ > Libraries.


Apabila folder Libraries telah terbuka, Anda tinggal melaukan paste file library yang telah anda copy atau cut tadi disini.





4. Mengecek Apakah Library Telah Terpasang
Untuk mengetahui apakah library yang tadi Anda tambahkan telah terpasang adalah dengan cara – membuka Arduino IDE > ‘ Sketch ‘ > ‘ Include Library ‘ > Cari Library yang tadi Anda tambahkan.




Apabila Library tidak terpasang, close Arduino IDE > Refresh Desktop > Buka Kembali. Jika tetap tidak terpasang silahkan download file library ditempat lain dan pasang kembali sesuai langkah diatas. 


Sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda dan saya juga tentunya. Bila ada pertanyaan terkait masalah ini bisa ditanyakan lewat kolom komentar dibawah. Sekian Terimakasih.

Related Post