YURISTGAMEINIGAMEID101

Cara Mengatasi Wifi Connect Tapi Tidak Bisa Internetan

Cara Mengatasi Wifi Connect Tapi Tidak Bisa Internetan

             


Siapa yang tidak suka memakai Wifi? Tentunya bagi setiap orang yang berselancar di dunia maya atau internet sudah tidak asing lagi dengan penggunaan Wireless Fidelity atau yang sering kita sebut Wifi. Tentunya hampir semua jenis perangkat seperti Laptop, Notebook, PC, atau bahkan Smartphone yang sering kita genggam kemana-mana sudah dapat mendukung teknologi jaringan nirkabel yang memudahkan kita internetan disetiap waktunya.

Namun, bagi beberapa pengguna khususnya laptop seperti saya, pernah mendapati masalah dalam penggunaan wifi. Yaitu walaupun wifi sudah connect atau terhubung, perangkat tetap tidak dapat melakukan browsing atau internetan seperti saat wifi belum tersambung.

Seperti yang dikatakan orang-orang terdahulu “Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan”. Berikut cara mengatasi wifi yang sudah connect tapi tidak bisa internetan (No Internet Access) :

1. Buka Command Prompt (Admin)
Dengan cara klik kanan pada logo windows dipojok kiri bawah > pilih "Command Prompt(Admin)". Maka akan muncul aplikasi seperti cmd dengan nama Administrator : Command Prompt.



2. Ketik Code Pertama
Code pertama yang harus anda ketik adalah “ netsh winsock reset catalog “ lalu Enter hingga muncul kalimat seperti gambar dibawah ini.



3. Ketik Code Kedua
Code kedua yang harus anda ketik adalah “ netsh int ipv4 reset reset.log  “ lalu Enter hingga muncul kalimat seperti gambar dibawah ini.


 Seperti  yang tertulis pada gambar tersebut tahapan selanjutnya adalah merestart komputer atau pc anda. Cobalah connect ke wifi dan lakukan browsing seperti membuka Google.com , semoga berhasil.



Jika masalah masih berlanjut, lakukan tahapan berikut :

1. Buka Device Manager
Dengan cara klik kanan pada logo windows dipojok kiri bawah > pilih “ Device Manager “.



2. Uninstall Driver Software
Dengan cara klik “ Network adapters “ > klik kanan pada realtek controller > Uninstall > Refresh desktop.


Ingat!!!
Pastikan wifi dalam keadaan mati

3. Install kembali Driver Software
Dengan cara klik “action” pada bagian menu Device Manager > klik “Scan for hardware changes”. Dan lakukan restart pada PC anda, lalu cobalah connect ke wifi dan internetan kembali. 




Cara ini dapat dilakukan pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Dan juga berlaku bila bermasalah dengan wifi dari hotspot.

Sekian tutorial kali ini semoga berhasil saat anda praktekannya pada perangkat anda. Bila ada pertanyaan terkait tutorial kali ini, silahkan sampaikan lewat kolom komentar dibawah ini, secepatnya akan kami balas. Sekian Terimakasih, 

Related Post