YURISTGAMEINIGAMEID101

Cara Reset Windows 10 Tanpa Menghapus Data

Jika kamu mempunyai masalah dengan laptop kamu yang sekarang. Biasanya orang-orang akan menyarankanmu untuk menginstall ulang windows melalui flashdisk / CD. Namum permasalahan saat install ulang windows adalah data-data kamu yang sebelumnya akan terhapus. Lalu bagaimana cara agar data kamu tidak hilang setelah install ulang? Yuk simak artikel ini sampai habis.

Bisa dibilang cara ini adalah cara yang paling ampuh dan tercepat untuk melakukan reset di komputer. Daripada repot membuat bootable dari flashdisk untuk install ulang, lebih enak menggunakan cara ini untuk me-'refresh' kembali komputer kamu.

Data-data kamu tidak akan hilang setelah melakukan reset, yang terhapus adalah hanya software-software yang kamu install. Perhatikan! Software yang kamu install memanglah terhapus, tetapi data-data lainnya seperti Documents, Downloads, dll, tidak akan terhapus. Data-data kamu akan aman jika melakukan reset. Contoh software-software yang terhapus saat melakukan reset (pengalaman pribadi).

Jika windows kamu sudah ORI (bawaan laptop / beli lisensi), tenang saja, karena jika hanya melakukan reset, lisensi kamu TIDAK AKAN HILANG alias tidak akan menghilangkan keORIannya. Jadi jangan khawatir jika setelah melakukan reset windows kamu jadi bajakan.

Ada baiknya jika kamu membackup seluruh data ke drive D: karena yang akan di reset hanya yang ada di C:. Jika kalian mempunyai data penting seperti tugas sekolah, skripsi, game, anime, dan data-data lainnya, lebih baik kamu pindahkan semuanya terlebih dahulu ke drive D:\ untuk menghindari adanya kehilangan data (walaupun datanya gak akan hilang).

Oke langsung saja kita melakukan reset.

Langkah-langkahnya :


1. Buka Settings, caranya dengan Klik start -> cari Settings. Atau dengan cara CTRL + i.

2. Masuk ke menu Update & Security



3. Klik menu Recovery


4. Disini kita bisa melakukan reset dengan cara klik Get Started di bagian Reset this PC



5. Pilih Keep my files, agar data-data kamu tetap tersimpan setelah reset.

6. Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Disitu tertampil software apa saja yang akan terhapus setelah reset. Tetapi sesuai perkataan saya tadi, walaupun software kamu terhapus, data-data yang kamu simpan masih ada.

7. Selanjutnya windows akan memberi kamu peringatan bahwa PC sudah siap di reset. Lihat gambar dibawah untuk melihat beberapa peringatan yang diberikan windows.
8. Klik Reset.

Setelah itu, tunggu sampai PC kamu merestart dengan sendirinya. Jika software yang terinstall di PCmu ada banyak, maka proses reset mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama. Berdasarkan pengalaman saya, reset PC ini memakan waktu hampir 2 jam.

9. Selesai! PCmu sudah di reset dengan berhasil.

Penutup

Demikian artikel tentang Cara Reset Windows 10 Tanpa Menghapus Data pada kali ini. Semoga dengan cara ini kalian dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di komputer kalian tanpa mengorbankan data-data yang tersimpan. Jika ada masalah saat reset silahkan komentar agar admin dapat ikut membantunya. Terima Kasih.

Related Post