YURISTGAMEINIGAMEID101

Cara Mengaktifkan Auto-Complete PHP MySQLi Di Sublime Text

Bagi kalian para programmer pastinya sudah tidak asing lagi dengan text editor yang satu ini.n Yup Sublime Text adalah salah satu text editor yang paling digemari dikalangan programmer web karena desain yang simple dan kemudahan saat memakainya.

Agar lebih mudah dan mempercepat proses coding, ada baiknya kita menggunakan Auto-Completion yang sudah disediakan oleh pihak Sublime Textnya sendiri. Autocomplete ini juga sudah tersedia di semua bahasa yang disupport oleh Sublime Text, seperti PHP7, Javascript, HTML, jQuery. Bahkan framework-framework seperti CodeIgniter, AngularJS pun juga sudah ada autocompletenya.

Untuk bisa menggunakan autocomplete ini, kalian harus terlebih dahulu menginstall Package Control di Sublime Text. Selengkapnya silahkan baca pengertiannya dibawah ini.

Apa itu Package Control?

Package Control adalah tempat untuk memanage package yang terinstall di Sublime Text, seperti menghapus, menambahkan, dan mengupdate Packages. Di dalam package control ini kalian dapat menginstall ribuan package yang disediakan oleh Sublime. Tidak hanya autocomplete, di package control kalian juga dapat mendapatkan Color Scheme (tema warna), snippets, syntax highlighter, dan lain-lain.

Nah sekarang kalian sudah tahu apa itu Package Control. Sekarang kita langsung saja melakukan penginstalan autocompletenya.


Langkah-langkah

1. Buka Sublime Text 3
2. Ke menu Tools -> Pilih 'Install Package Control'


Jika sukses maka akan ada popup seperti ini

Package Control sudah terinstall, langkah selanjutnya adalah menginstall Package melalui package control. Ikuti langkah dibawah ini

3. Sekarang ke menu Preferences -> Package Control
4. Akan muncul popup seperti dibawah ini, silahkan pilih "Install Package" untuk melanjutkan


5. Tunggu loading selesai, jika sudah selesai maka akan ada popup lagi untuk memilih package yang akan di-install. Silahkan search "PHP Completions Kit"
6. Proses install sedang berjalan, jika sudah terinstall silahkan restart sublime textnya untuk menggunakan.

7. Selesai! Sekarang kamu sudah bisa menggunakan auto-complete PHP dengan lengkap.

Penutup

Demikian Artikel Cara Mengaktifkan Auto-Complete PHP MySQLi Di Sublime Text pada kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian para programmer untuk menyelesaikan proses codingnya dengan lebih cepat. Jika ada pertanyaan atau masalah silahkan komentar dibawah ini. Terima Kasih :D

Related Post