YURISTGAMEINIGAMEID101

Cara Mengkoneksikan PHP dengan Database MySQL

Cara Mengkoneksikan PHP dengan Database MySQL

PHP merupakan salah satu pemrograman dengan programmer terbanyak di dunia. Bahasa pemrograman web server side ini mempunyai banyak fitur, contohnya memproses database. Untuk database yang biasa digunakan untuk PHP adalah MySQL. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengkoneksikan PHP ke MySQL, tetapi pada tutorial kali ini kita membahas cara mengkoneksikannya dengan mysqli.


Kenapa menggunakan mysqli?
Mysqli adalah ekstensi baru dari pengembang PHP yang dulunya bernama mysql dan tanpa huruf "i". Untuk mysqli biasa, sudah tidak disupport lagi oleh PHP 5 keatas karena sekarang kita sudah menggunakan PHP7. Untuk sekarang kita menggunakan mysqli, tetapi ada satu alternatif lagi untuk memproses database yaitu PDO (PHP Data Objects), ini dipakai jika kita menggunakan PHP OOP (Object Oriented Programming).

Pertama, buat dulu database yang akan dikoneksikan ke PHP, tutorialnya bisa dilihat di artikel Cara Membuat Database Baru. Database ini bisa dibuat lewat Phpmyadmin maupun cmd.

Lalu buatlah folder di direktori htdocs kalian, defaultnya adalah C:/xampp/htdocs lalu buatlah folder baru bernama koneksi. Buat file baru didalam folder tersebut, beri nama koneksi.php

 Dan jangan lupa untuk menjalankan Apache dan MySQL di xampp control panel.

Selanjutnya buka text editor kalian, bisa menggunakan Sublime Text, Atom, Notepad++, dan lain-lain. Lalu buka file koneksi.php yang tadi sudah dibuat.

Isi dengan source code berikut.


$host yang berisi "localhost" ini adalah server lokal dari komputer kita.
$user ini bernilai "root" karena default dari xampp ketika diinstall adalah root.
$pass kosongkan saja, karena user root tidak diberi password
$dbse adalah nama database, isi dengan nama database masing-masing.

Format mysqli_conect adalah ("nama server", "username", "password","nama_database") atau yang sudah kita ganti dengan masing-masing variabel.

Setelah itu kita akan mengeceknya dengan statement if. 

if(!$koneksi) { die("gagal koneksi ke database" ); }

Jika koneksi gagal, maka tampilkan "Gagal koneksi ke database".

else{ die("Sukses koneksi ke database!"); }

Jika koneksi berhasil, maka tampilkan "Sukses koneksi ke database!".

Test Koneksi ke Database
Silahkan buka melalui web browser "localhost/koneksi/koneksi.php". Jika koneksi sukses maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Solusi Error Saat Koneksi ke Database
Mungkin bagi teman-teman yang kesulitan atau mengalami error pada saat mengkoneksikan ke database, mungkin ada kesalahan di penulisan seperti mysqli_connect menjadi mysql_connect. Ini adalah kesalahan yang fatal, walaupun hanya berbeda 1 huruf akan menimbulkan error pastinya. Lalu perhatikan juga nama database, username, dan passwordnya. Yang terakhir, perhatikan titik koma apakah ada yang masih belum tertulis di tiap barisnya.

Itu saja tutorial yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Jika ada yang mengalami error bisa komentar di kolom komentar dibawah ini. Oh iya, untuk video tutorialnya akan meluncur di channel YouTube Zuramai Network

Related Post