YURISTGAMEINIGAMEID101

Penjelasan Motor Servo Dan Pemrogramannya Pada Arduino

Halo sobat Zuramai! Kali ini pembahasan kita mengenai salah satu komponen yang mungkin sering kita jumpai dalam project – project Arduino, yaitu Motor Servo. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


Komponen seperti apasih Motor Servo itu?




Motor Servo adalah salah satu jenis motor yang memiliki tiga kabel. Masing-masing dari kabel tersebut disambungkan sebagai catu daya, kontrol, dan ground. Kabel kontrol digunakan untuk menentukan motor untuk memutar rotor ke arah posisi tertentu. Motor Servo ini dapat berputar hingga 180 derajat.  Biasa digunakan untuk menggerakan lengan robot atau memutar pada alat ukur yang bersifat analog.
Dibawah ini terdapat gambar penyusunan rangkaian motor servo.

Biasanya kabel dari motor servo diberi warna yang berbeda satu sama lain untuk membedakan fungsinya, yaitu merah,kuning,dan hitam. Untuk kabel merah dihubungkan ke catu daya, kabel kuning pada pin digital yang mendukung PWM, dan kabel hitam dihubungkan ke ground.
Dibawah ini kami sajikan sketch arduino sederhana untuk mengontrol motor servo bergerak pada posisi yang telah ditentukan.
Penjelasan sintaks :

#include <Servo.h>        
Pemanggilan library khusus servo


int pos = 0;
int pin_servo = 9;
int o = 500;
Servo motorServo;
Pendeklarasian, saya menuliskan “ int o = 500 “ untuk memudahkan penulisan delay dibawah.
“ int pos = 0 “ dimaksudkan sebagai posisi awal dari servo, “ int pin_servo = 9 “ inisialisasi pin 9 sebagai kontrol servo, dan “  Servo motorServo “ seperti yang kita lihat pada gambar diatas kata Servo memiliki warna berbeda karna Servo disini berfungsi untuk memberi nama motor servonya dalam hal ini saya beri nama motorServo bisa dibilang fungsinya seperti interger tapi lebih khusus.


motorServo.attach(pin_servo);
penggunaan data motorServo untuk pin_servo


motorServo.write(0);
  delay(o);
    motorServo.write(45);
  delay(o);
    motorServo.write(90);
  delay(o);
    motorServo.write(135);
  delay(o);
    motorServo.write(180);
  delay(o);
    motorServo.write(225);
  delay(o);

memerintahkan motor servo untuk bergerak pada posisi yang telah ditentukan misalkan “ motorServo.write(45) “ motor servo akan bergerak ke posisi 45 derajat. 


Itulah tadi penjelasan dari motor servo semoga bermanfaat bagi anda dan saya.
Apabila ada kesalahan penulisan atau penjelasan mohon dimaafkan dan segera laporkan lewat kolom komentar dibawah, secepatnya akan kami perbaiki, Sekian terimakasih.

Related Post