YURISTGAMEINIGAMEID101

Cara Cepat Konversi Bilangan Oktal Ke Desimal, Biner, Heksadesimal, Dan Duodesimal


Masih seputar konversi bilangan. Jika kemarin kita sudah mencoba konversi dari desimal ke beberapa bilangan, maka kali ini kita akan mengkonversi dari Oktal ke beberapa bilangan seperti desimal, biner, dan lain-lain. Hampir semua cara disini hampir sama seperti beberapa konversi, hanya saja dibalik. Konversi ini biasanya menjadi pengetahuan dasar di mata kuliah atau sekolah untuk materi sistem komputer. Oke langsung saja kita coba caranya.

Oktal ke Desimal
Dalam mengubah suatu bilangan ke desimal entah itu dari oktal, biner, atau heksa adalah salah satunya dengan cara mengalikan setiap digitnya dengan bilangan radiknya yang berpangkat naik mengikuti posisi bilangannya, untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini :

Ubahlah (347)8 menjadi bilangan desimal



Oktal ke Biner
Untuk pengubahan bilangan oktal ke biner dilakukan dengan mudah, yaitu masing masing digit bilangan oktal diubah langsung menjadi biner dalam kelompok tiga bit, kemudian menyusun kelompok bit tersebut sesuai urutan semula. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini :

Ubahlah (347)8 menjadi bilangan biner

Oktal ke Duodesimal

Berbeda dengan 2 cara sebelumnya konversi dari oktal ke duodesimal tidak memiliki cara khusus atau tidak dapat langsung kita ubah dari oktal keduodesimal, lalu bagaimana kita mengakalinya? Yaitu dengan mengubah terlebih dahulu  satu bilangan menjadi desimal dalam hal ini saya mengubah bilangan oktal menjadi desimal setelah itu baru menguibanya menjadi duodesimal, Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini.
Ubahlah (347)8 menjadi duodesimal 

Pertama kita ubah (347)8 menjadi desimal, karna ini bilangan yang sama seperti yang awal kita ubah maka sudah kita dapatkan hasilnya yaitu 231 (jika anda lupa caranya silahkan cek diatas.) langkah selanjutnya mengubahnya menjadi duodesimal.

Oktal ke Heksadesimal

Sama halnya dengan konversi dari oktal ke duodesimal, pengkonversian bilangan oktal ke heksadesimal adalah dengan mengubah terlebih dahulu  satu bilangan menjadi desimal dalam hal ini saya mengubah bilangan oktal menjadi desimal setelah itu baru menguibanya menjadi heksadesimal, Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini.
Ubahlah (347)8 menjadi bilangan Heksadesimal
Pertama kita ubah (347)8 menjadi desimal, karna ini bilangan yang sama seperti yang awal kita ubah maka sudah kita dapatkan hasilnya yaitu 231 (jika anda lupa caranya silahkan cek diatas.) langkah selanjutnya mengubahnya menjadi Heksadesimal.

 231    :         16      =        14      sisa    7
14       :         16      =        0        sisa    14 = e
Sehingga hasilnya adalah (e7)16
Mengapa 14 = e? Karna dalam sistem bilangan heksadesimal bilangan diatas 9 diubah menjadi huruf.

Bilangan heksadesimal adalah bilangan yang mempunyai 16 digit yang terdiri dari :
10 = a                            
11 = b                             
12 = c                   
13 = d 
14 = e
15 = f 
{0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,a,b,c,d,e,f}

Itulah tadi cara konversi bilangan desimal menjadi berbagai bilangan, mudah dan cepat bukan? apabila anda merasa lama dalam mengonversinya mungkin karna baru mempraktekannya. Jika sudah berkali-kali dicoba dan dilatih insha allah anda akan cepat dan mahir. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan saya. sekian, terimakasih :)


Jika ada penjelasan yang kurang jelas atau salah perhitungan dan hasil mohon dimaafkan dan segera laporkan lewat kolom komentar dibawah, secepatnya akan kami perbaiki.

Related Post