YURISTGAMEINIGAMEID101

Apa Itu SEO Dan Bagaimana Cara Optimalisasinya


Ada satu cara berpromosi paling ampuh bagi sebuah bisnis online, yaitu dengan menjadikan search engine besar seperti Google menjadi salesman Agan yang mampu bekerja 24/7 nonstop mempromosikan website bisnis Agan secara gratis.

Promosi via search engine (mesin pencari) adalah cara berpromosi paling murah meriah namun efektif. Akan tetapi, sebelum melakukan promosi di search engine, website bisnis online Agan harus terlebih dahulu mendapatkan optimalisasi untuk kebutuhan search engine atau yang lebih sering dikenal dengan SEO

Apa Itu SEO?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yakni serangkaian teknik yang dilakukan agar website dapat dengan mudah ditemukan oleh pencari informasi melalui search engine, dalam hal ini adalah Google.

Teknik yang digunakan adalah mengoptimalkan keywork melalui meta tag. Ada lima meta tag yang dapat dioptimalkan untuk menyukseskan upaya SEO, yaitu Title Tag, Meta Description Tag, Meta Keyword Tag, dan Img Alt Tag.

Ini adalah basic SEO. Agan harus mengisi meta tag SEO tersebut dengan keyword-keyword yang tepat.

Kita akan bahas satu per satu di artikel selanjutnya, namun yang perlu diketahui adalah tidak semua teknik SEO tersebut aman untuk website Agan. Search engine (kalau saya bicara search engine yang saya maksud adalah Google, search engine pada umumnya) memiliki kemampuan untuk mendeteksi teknik-teknik nakal yang digunakan untuk menaikkan posisi hasil pencarian, teknik nakal tersebut disebut dengan Black Hat SEO.

Tetapi Itu Sudah Tidak Cukup Lagi... 

Pengoptimalan meta tag SEO adalah langkah awal yang harus ditempuh dalam proses optimalisasi website. Upaya pengoptimalan meta tag SEO ini adalah sebuah upaya yang sering disebut dengan On Page SEO.

On Page SEO adalah sebuah upaya optimalisasi di dalam halaman website dengan melakukan optimalisasi meta tag SEO dan permainan internal link. Beberapa tahun lalu, upaya On Page SEO dan beberapa praktisi yang mahir akan menambahkan perbaikan internal link. Namun pada dasarnya, permainan internal link lewat menu sudah cukup.

Upaya On Page SEO dengan melakukan optimalisasi meta tag SEO sudah cukup membuat sebuah website menempati urutan terbaik di dalam hasil pencarian.Jika tidak juga menempati urutan yang bagus, maka praktisi SEO akan melanjutkan optimalisasi dengan yang disebut Off Page SEO.

Tetapi itu kisah beberapa tahun lalu...

 Sekarangm ceritanya sudah berbeda. Semenjak awal 2014, Upaya SEO menjadi lebih kompleks. Puncaknya di tahun 2015, saat Google mulai menerapkan sistem SEO semantik. 

Dari waktu ke waktu, sistem algoritma SEO semantik milik google makin disempurnakan, optimalisasi meta tag SEO masih harus dilakukan, namun sudah tidak cukup lagi. Praktisi harus memperhatikan konten dan memperbaiki serta menyusun konten sesuai kaidah SEO. 

Related Post