YURISTGAMEINIGAMEID101

10 Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar Atau Mahasiswa




Untuk mahasiswa, laptop menjadi salah satu kebutuhan penting di kehidupannya. Karena untuk mengerjakan apapun sekarang sudah di laptop mulai dari skripsi, tugas sekolah, laporan, dan lain-lain. Sebenarnya bisa sih dilakukan di smartphone, tetapi apakah nyaman jika dikerjakan di smartphone? Pastinya tidak kan. Maka dari itu saya akan memberikan tips-tips cara untuk memilih laptop agar tidak salah membeli


1. Pastikan Budget Kamu Mencukupi
Budget atau uang untuk membelinya adalah salah satu hal yang paling penting untuk membeli sebuah barang. Jika kamu mempunyai budget yang cukup banyak, lebih baik langsung saja beli laptop yang bagus. Tetapi jika kamu mempunyai budget pas pasan lebih baik kamu cari laptop yang termurah dan terbaik.

2. Cari Spesifikasi Yang Cocok
Jika laptop kamu hanya digunakan untuk mengerjakan yang ringan seperti microsoft office atau browsing, lebih baik kamu ambil spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Lain lagi jika laptopmu juga digunakan untuk bermain game, pilihlah spesifikasi yang lebih tinggi. Akan sangat percuma jika kamu beli mahal-mahal dengan spesifikasi tinggi tetapi cuma digunakan untuk Ms. Office.

3. Cari Laptop Yang Ringan dan Tipis
Dengan laptop yang ringan, ini akan memudahkan kamu untuk membawa laptop di tas tanpa keberatan. Jika kamu membawa tas yang isinya buku-buku berat, laptop ringan dan tipis akan memudahkan kamu untuk membawanya tanpa keberatan dengan menyelipkannya diantara buku-buku. 


Laptop yang ringan juga merupakan kebutuhan bagi orang yang suka travelling. Mudah dibawa dan tidak terlalu memakan banyak tempat jika dimasukkan ke tas. Untuk keterangannya laptop ringan biasanya mempunyai berat kurang dari 2kg dan laptop tipis mempunyai ketebalan kurang dari 20mm.

4. Ukuran Layar Jangan Terlalu Besar
Jangan pilih layar yang besar karena akan menyusahkan kamu jika kamu suka membawanya berpergian dan memasukkannya kedalam tas. Mungkin ini tidak terlalu menjadi masalah bagi sebagian orang, tetapi jika kamu ingin portabilitas yang tinggi cukup pilih layar yang biasa biasa saja atau lebih kecil. Layar laptop yang normal hanya 14" atau 13.3". Yang lebih besar ada 15.6" dan 17.3"

5. Usahakan Mempunyai Baterai Yang Besar / Awet
Untuk para mahasiswa maupun siswa pastinya suka membawa laptopnya ke kampus atau sekolah. Baterai dengan kapasitas besar sangat membantu untuk kalian. Pastinya kamu tidak mau repot-repot membawa charger ke sekolah kan? Nah pilihlah laptop dengan baterai yang cukup besar agar dapat membantu kamu bermain laptop lebih lama. Rata-rata laptop mempunyai kapasitas baterai hanya 40-50 Whrs. Laptop dengan baterai besar mempunyai kapasitas sekitar 50 - 70 Whrs.
 
6. Pastikan Keyboard Laptop Nyaman Digunakan
Kenyamanan keyboard laptop adalah salah satu yang paling utama. Tetapi menurut kebanyakan orang tidak memperdulikan kenyamanan keyboardnya. Karena kalo keyboardnya aja ga enak diajak ngetik, gimana mau nyaman ngerjain tugas di laptop? Dan juga keyboard adalah komponen utama laptop, tanpa keyboard kita tidak bisa mengetik sesuatu. Disarankan sebelum membeli keyboard lebih baik mencoba mengetiknya terlebih dahulu di toko.
Baca Juga :

7. Jika Budget Terbatas, Pilihlah Laptop Dengan Spesifikasi Lebih Rendah Sedikit
Ini masih berhubungan dengan nomor satu diatas. Jika budget kamu terbatas, lebih baik cari spesifikasi yang agak rendah dikit tetapi masih masuk akal untuk kebutuhan kamu. Jangan terlalu keras kepala jika budget sedikit tapi ingin spesifikasi tinggi.

8. Pilih Laptop Dengan RAM Yang Besar Untuk Memudahkan Multitasking

RAM sangat berpengaruh untuk kegiatan sehari-hari di laptop. Misalnya kamu sering menggunakan laptop dengan membuka banyak program sekaligus. Misalnya Google Chrome 10 tab sambil membuka Ms Word dan Excel ditambah lagi membuka game. 

RAM besar akan sangat membantu di bagian multitasking, karena jika ram kecil dipaksa multitasking program-program yg berjalan akan not responding. RAM paling minimal adalah 4GB.


9. Bekas Atau Baru? Mending Bekas Seperti Baru

Daripada membeli laptop yang baru tetapi spesifikasi kurang pas, lebih baik cari yang bekas. Karena yang bekas akan memberikan harga yang lebih murah dibanding dengan yang baru. Tetapi ini tidak berlaku bagi orang yang suka dengan SENSASI SAAT MEMBELI BARANG BARU. Apa gunanya beli yang lebih mahal jika ada yang lebih murah tetapi kualitas sama?

10. Tambahan Khusus Untuk Anak Multimedia/Programmer

Ini berlaku untuk mahasiswa/siswa jurusan. Apalagi jika kamu anak multimedia atau animasi, pastinya membutuhkan Processor, RAM dan VGA yang akan membantu proses rendering. Lalu untuk programmer belilah laptop yang mempunyai Processor dan RAM yang bagus untuk melancarkan kamu untuk menjalankan IDE Programming seperti Visual Studio, dll.

Nah seperti itulah tips membeli laptop untuk pelajar atau mahasiswa dari saya. Semoga bermanfaat. Jika ada yang bingung silahkan komen dibawah, akan saya jawab sebisa saya. 

Related Post

1 komentar:

avatar

Nah Sangad Berfaedah sekali untuk sekolah :)
www.mr-roz3r.net

Balas