YURISTGAMEINIGAMEID101

Cara Cepat Hitung Konversi Desimal Ke Biner, Oktal, Heksadesimal dan Duodesimal


Halo sobat Zuramai! Setelah kemarin kita mempelajari bagaimana Sistem Bilangan Biner, Oktal, Desimal, Heksadesimal dan Duodesimal, Sekarang kita akan mencoba untuk mengkonversi dari desimal ke beberapa bilangan lainnya seperti bilangan biner, oktal, desimal, heksadesimal, duodesimal, dan lain lain.

Pada dasarnya, yang dimaksud konversi bilangan adalah mengubah nilai dari suatu bilangan ke bilangan lainnya tetapi masih mempunyai nilai yang sama. Contohnya mengubah desimal ke biner berarti mengubah nilai desimal tersebut ke bilangan biner yang memiliki nilai yang sama.


Jika kalian mempunyai kemampuan berfikir atau logika yang bagus, maka untuk mengkonversikan bilangan ke bilangan lainnya akan mudah, karena untuk mengkonversinya membutuhkan logika agar dapat mengerti. 

Nah untuk mengkonversi atau mengubah bilangan dari radik yang satu ke radik yang lainnya disini saya menggunakan cara yang paling mudah menurut saya. langsung saja cekidot..


Konversi Desimal ke Biner

Untuk mengubah desimal ke biner kita menggunakan cara dengan membagi-bagi bilangan tersebut, lalu sisanya juga dibagi 2 sampai habis. Untuk bilangan biner ini kita menghitung hasilnya dengan cara mengurutkannya dari bawah ke atas. Silahkan cek contoh konversi dibawah ini.

Contoh :  Ubahlah (237)10 menjadi bilangan biner.

Jadi, (237)10 = (11101101)2.  (Baca juga: 3 Cara Cepat Konversi Desimal Ke Biner Dengan Mudah)


Konversi Desimal Ke Oktal
Mudah seperti biner, jika biner harus membagi setiap angkanya dengan 2, disini kita harus membagi setiap angkanya dengan 8. Lalu sisa dari pembagian 8 tersebut dibagi lagi dengan 8 hingga angkanya habis. Ingat! Kita menggunakan yang namanya 'modulus' atau 'sisa bagi'. Jadi kalo misalnya 30 dibagi 8 maka hasilnya adalah 3 dengan sisa bagi 6.

Contoh : 

Ubahlah  (1675)10 menjadi bilangan oktal.

Hasilnya adalah 3213

Sama seperti biner, kalian harus menghitung hasilnya dari sisa bagi dari setiap angka, dan mengurutkannya dari bawah. Jika kalian bingung kenapa 26 dibagi 8 hasilnya adalah 3 sisa bagi 2, karena 8 mencari angka dibawah 26 yang terdekat dengan perkalian 8, yaitu 24 (8 dikali 3). Lalu kita kurangi 26 dengan 24, hasilnya adalah 2 (sisa bagi). 




Konversi Desimal Ke Heksadesimal
Heksadesimal berbeda dengan yang lainnya, karena heksadesimal mengandung huruf dan angka. Tidak seperti biner dan oktal yang hanya mengandung angka. Tetapi cara menghitungnya masih sama, dengan membaginya lalu ambil sisa bagi tersebut menjadi hasil.

Untuk mengkonversi dari desimal ke heksadesimal kita harus membaginya dengan 16. Tetapi jika hasil ada yang lebih dari sepuluh, maka ubahlah menjadi huruf (a) dan seterusnya. Berikut penjelasannya.

10 = A
11 = B
12 = C
13 = D
14 = E
15 = F

Contoh konversi desimal ke heksadesimal.

Ubahlah (6699)10 menjadi bilangan Heksadesimal

Jawabannya adalah 1A2B, karena 10 adalah A dan 11 adalah B. Maka kita mengubahnya sesuai penjelasan diatas tadi.


Konversi Desimal Ke Duodesimal

Tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. jika anda mengerti cara mengonversi desimal ke heksadesimal mungkin dibagian ini anda akan lebih cepat paham. seperti halnya Heksadesimal, Duodesimal terdiri dari angka dan huruf yang berlaku untuk bilangan 10,11,dan 12.
10 = t
11 = e

Contoh konversi Desimal ke Duodesimal
Ubahlah (23)12  menjadi bilangan Duodesimal


23  :  12  =  1  sisa  11 (e)          Dari bawah Keatas
1    :  12  =  0  sisa  1                 Jadi hasilnya adalah                                                                                 (1e)12


Jawabannya adalah 1e, karena 11 adalah e . Maka kita mengubahnya sesuai penjelasan diatas tadi.



itulah tadi cara konversi bilangan desimal menjadi berbagai bilangan, mudah dan cepat bukan? apabila anda merasa lama dalam mengonversinya mungkin karna baru mempraktekannya. jika sudah berkali-kali dicoba dan dilatih insha allah anda akan cepat dan mahir. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan saya. sekian, terimakasih :)


jika ada penjelasan yang kurang jelas atau salah perhitungan dan hasil mohon dimaafkan dan segera laporkan lewat kolom komentar dibawah, secepatnya akan kami perbaiki.






Related Post

2 komentar

avatar

walah :) w belajar disini kok malah jadi pinter ya? tq :D

Balas
avatar